Followers

Tuesday, March 22, 2022

Discussion Forum 2

 Topik Minggu Ini;
Bagaimana Peranan Lingkungan, Peraturan dan Etika dalam Komunikasi Pemasaran


Berikan tanggapanmu di kolom comment dibawah ini


20 comments:

  1. Peran lingkungan, peraturan dan etika dalam kumunikasi pemasaran ialah lingkungan memiliki dampak yang sangat besar dalam proses pemasaran atau marketing perannya adalah untuk memperkenalkan produk yg lebih ramah ke masyarakat dan lingkungan serta adanya peraturan dan etika dalam komunikasi pemasaran untuk melindungi konsumen dan kompetitor dari praktik bisnis yang curang.
    (Elinacahyani 1119210088)

    ReplyDelete
  2. Perubahan lingkungan senantiasa terjadi terus menerus dalam proses perkembangan suatu negara yang secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan dan tata ekonominya.Lingkungan Komunikasi Pemasaran Yang Sedang Berubah Meskipun komunikasi pemasaran bisa memainkan sejumlah peran penting, mereka harus melakukannya dalam lingkungan komunikasi yang semakin keras. Teknologi dan faktor – faktor lain telah sangat mengubah cara konsumen memperoses komunikasi, dan bahkan jika mereka tidak memilih untuk memprosesnya sama sekali.Etika dalam komunikasi pemasaran bermanfaat untuk mengedepankan segi-segi etika dalam proses penciptaan komunikasi pemasaran ,khususnya periklana.selain itu di harapkan bermanfaat mendorong persaingan yang sehat.

    ReplyDelete
  3. Lingkungan pemasaran merupakan komponen kekuatan diluar aspek pemasaran yang dapat mempengaruhi kemampuan manajemen dalam membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan yang terdiri dari lingkungan eksternal (makro) dan lingkungan internal (mikro)Perusahaan harus mengetahui kebutuhan dan trend atau peluang yang belum terpenuhi. etika dalam komunikasi pemasaran bermanfaat untuk mengedepankan segi segi etika dalam proses penciptaan komunikasi pemasaran,khususnya periklanan. Peraturan dalam komunikasi pemasaran sangat diperlukan guna melindungi konsumen dan kompetitor dari praktek bisnis yang curang (fraudulent), menipu (deceptive), dan tidak jujur (unfair) yang dilakukan oleh beberapa perusahaan.

    ReplyDelete
  4. Dessy Anwar 1119210085:
    a. Etika dalam komunikasi pemasaran
    - etika dalam targeting
    - etika dalam periklanan
    -menuju komunikasi pemasaran yang etis
    - green marketing

    b. peranan lingkungan pemasaran
    - lingkungan pemasaran mikro
    - lingkungan pemasaran makro

    c. peraturan lingkungan pemasaran
    peraturan yang dibuat oleh agensi tertentu untuk melindungi konsumen dari hal-hal negatif dalam pemasaran.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. LEONITA LISHA S (1119210057)

    Peranannya itu adalah :
    1. Membuat Marketing Komunikasi Yang Efektif, Merancang Marketing Strategy Communication yang efektif dengan satu atau lebih komponen komunikasi pemasaran. Ikaln memungkinkan bisnis untuk menjangkau khalayak yang besar dan tertarget.
    2. Membuat Bentuk Bentuk Promosi, bentuk bentuk promosi yang dilakukan dengan cara periklanan, personal selling, publisitas, dan sales promotion.

    Dan untuk isu etika dalam komunikasi pemasaran contohnya itu adalah :
    Iklan yang Kurang Etis (Susu Real Good Versi Dikenyoot), dibilang kurang etis karena Iklan yang lucu, aneh, cabul, dan tidak mendidik menurut saya. Saya sampai sekarang ini masih heran bercampur bingung, bagaimana bisa tim kreatifnya bisa punya ide seperti. Memang jika dilihat dari sudut pandang anak anak, iklan ini yang biasa-biasa saja, kerena mereka belum memiliki pikiran-pikiran cabul. tapi menurut pandangan saya sebagai orang yang sudah dewasa (menurut saya), iklan ini sungguh aneh, kata-kata yang dipakai terlalu menjurus ke hal-hal yang berbau pornografi (sekali lagi menurut saya).

    ReplyDelete
  7. peranan lingkungan dalam komunikasi pemasaran penting karena dinyatakan sebagai sebuah alternatif dalam praktek pemasaran dengan harapan para pemasar memiliki kepedulian yang dalam terhadap lingkungan. Peraturan dalam komunikasi pemasaran sangat diperlukan guna melindungi konsumen dan kompetitor dari praktek bisnis yang curang, menipu , dan tidak jujur yang dilakukan oleh beberapa perusahaan. Etika dalam komunikasi pemasaran penting untuk menghindari membuat klaim-klaim yang tidak mempunyai dasar, serta janji-janji yang tidak dapat dibuktikan.

    ReplyDelete
  8. rio putra 1119210001

    lingkungan menjadi peranan yang sangat penting dalam pemasaran , kita harus memahami tentang perubahan yang sangat cepat serta membangun hubungan yg lebih erat dengan pelanggan . peraturan juga harus di terapkan dalam pemasaran untuk melindungi pelanggan dari segala hal yang tidak diinginkan ,etika juga untuk melindungi persaingan yang tidak jujur

    ReplyDelete
  9. menurut saya peranan lingkungan terhadap pemasaran sangat penting, karena perusahaan pasti berusaha memperkenalkan produk yang lebih ramah lingkungan. sementara etika dalam komunikasi pemasaran adalah masalah benar atau salah, atau tindakan moral yang berkenaan dengan setiap aspek komunikasi pemasaran. dan yang terakhir ada peraturan, peraturan yang dibuat oleh agensi tertentu tentunya untuk melindungi konsumen dari hal hal negatif dalam pemasaran, dan peraturan ini harus di taati oleh seluruh perusahaan yang ingin bisnis nya berjalan lancar dan berkembang.

    ReplyDelete
  10. Tika Safitri Siregar
    1119210095

    Lingkungan pemasaran perusahaan terdiri dari orang dan kekuatan di luar pemasaran yang memengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan memelihara hubungan yang berhasil dengan pelanggan target. Setiap bisnis, tidak peduli seberapa besar atau kecil, beroperasi dalam lingkungan pemasaran. Keberadaannya sekarang dan di masa depan, keuntungan, citra, dan posisinya bergantung pada lingkungan internal dan eksternal.

    ReplyDelete
  11. Kurniawan 1119210075

    LINGKUNGAN KOMUNIKASI PEMASARAN
    Banyak perusahaan yang menannggapi kepedulian terhadap lingkungan ini dengan memperkenalkan produk yang lebih berorientasi lingkungan, serta menjalankan program komunikasi pemasaran yang agresif untuk mempromosikan produk – produk tersebut.hal itu dikenal dengan nama green marketing.
    a. Tanggapan terhadap Masalah Lingkungan
    b. Periklanan yang Ramah Lingkungan
    c. Tanggapan terhadap Kemasan.
    d. Program Tanda Persetujuan
    e. Program beriorientasi Sebab (cause – Oriented Programs)
    f. Program di Tempat Pembelian Display di toko adalah cara yang tepat untuk menkomunikasikan
    g. Panduan untuk Green Marketing Signifikansi
    h. Membuat Klaim yang Spesifik.
    i. Merefleksikan Current Disposal Options.
    j. Membuat Klaim yang Substansif

    PERATURAN KOMUNIKASI PEMASARAN
    Regulasi penting untuk melindungi konsumen dan kompetitor dari praktik bisnis yang curang yang dilakukan oleh beberapa perusahaan

    ISU ETIKA
    Para pengiklan promotor penjualan desainer kemasan, sales personal, telemarketer, perwakilan humas dan desainer point of purchase secara regular membuat keputusan yang memberikan implikasi etis. Etikas dalam konteks komunikasi pemasaran adalah masalah besar atau salah atau tindakan moral yang berkenaan dengan setiap aspek komunikasi pemasaran

    ReplyDelete
  12. Ferdy Fachrul Widanta
    1119210023

    Menurut saya dalam arti komunikasi pemasaran
    Lingungan = kondisi pasar yg bisa berarti karakteristik, potensi, ancaman, dan manfaat yang berbeda-beda, dimana kondisi tersebut akan melahirkan komunikasi 1 sama lain.

    Peraturan : berarti untuk mengatur perilaku
    & hubungan antar mereka

    Etika : berarti tentang membuat keputusan pemasaran yang benar secara moral, dengan mempertimbangkan tidak hanya keuntungan bisnis tetapi juga perspektif moral dan implikasi sosial dari tindakan 

    ReplyDelete
  13. ARDIN
    1118210014

    peranan lingkungan terhadap komunikasi pemasaran. lingkungan sangat menentukan bagaimana perusahaan menentukan strategi pemasaran sesuai dengan perubahan dan perkembangan perilaku di lingkungan dan masyarakat. sementara peraturan dalam komunikasi pemasaran sangat penting untuk melindungi hak-hak konsumen dan melindungi dari kompetitor persaingan bisnis yang curang dan merugikan pihak-pihak tertentu. etika dalam komunikasi pemasaran sangat penting diperhatikan agar tidak menyinggung pihak-pihak tertentu ataupun menyinggung budaya dan moral masyarakat.

    ReplyDelete
  14. Lingkungan pemasaran merupakan pelaku-pelaku (aktor) dan kekuatan-kekuatan yang berada di luar fungsi manajemen pemasaran perusahaan yang akan mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan membina transaksi yang berhasil dengan para pelanggan sasarannya. Perusahaan harus terus melakukan pengamatan secara terus-menerus dan beradaptasi dengan lingkungan yang bersifat kompleks dan terus berubah-ubah. Dengan mempelajari lingkungan, perusahaan dapat menyesuaikan strategi perusahaan untuk memenuhi tantangan dan peluang pasar yang baru.

    Pemasar harus memahami kondisi lingkungan untuk menjalankan strategi pemasarannya. Lingkungan sekitar berperan penting dalam menentukan kesuksesannya. Maka untuk menjadi pemasar yang handal harus mengetahui benar mengenai lingkungan pemasaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  15. Putra Bima Adityansyah
    1119210017

    Lingkungan Komunikasi Pemasaran, komunikasi pemasaran bisa memainkan sejumlah peran penting, mereka harus melakukannya dalam lingkungan komunikasi yang semakin keras.Teknologi dan faktor – faktor lain telah sangat mengubah cara konsumen memperoses komunikasi, dan bahkan jika mereka tidak memilih untuk memprosesnya sama sekali. Difusi cepat koneksi Internet broadband yang kuat, perekam video digital yang dapat menghilangkan iklan, telepon seluler mulyifungsi, dan pemutar musik dan video portabel mendorong pemasar memikirkan kembali sejumlah praktik tradisional mereka.

    Pentingnya etika dapat dilihat jika seseorang berkomunikasi, kita tentu lebih menghargai orang yang berbicara dengan sopan ketimbang orang yang berbicara dengan kasar atau tidak sopan. Seorang komunikan akan ragu untuk terbuka dengan orang yang memiliki kredibilitas yang rendah.

    peraturan dalam komunikasi sangat penting untuk melindungi konsumen dan kompetitor dari praktik bisnis yang curang yang dilakukan oleh beberapa perusahaan sehingga harus di terapkan dalam pemasaran untuk melindungi pelanggan dari segala hal yang tidak diinginkan.

    ReplyDelete
  16. Moch Rival Setiadi
    1116210137

    Peran lingkungan dan peraturan dalam komunikasi pemasaran sangatlah penting untuk berkembangnya suatu perusahaan atau produk. Karena peran lingkungan dalam pemasaran ikut membantu sejauh mana produk kita tersebar dan permintaan terhadap produk tsb. Sedangkan peraturan dalam pemasaran adalah regulasi yg dibuat oleh pemerintah ataupun lingkungan budaya di sekitar yg bertujuan untuk mendapatkan point point apa saja yg bisa di pasarkan dan spesifikasi produk yg akan kita pasarkan secara global maupun untuk daerah tertentu.

    ReplyDelete
  17. menurut pendapat saya lingkungan menjadi peranan yang sangat penting dalam komunikasi pemasaran , kita harus memahami tentang perubahan yang signifikan (cepat) serta membangun hubungan yg lebih erat dengan pelanggan . peraturan juga harus di terapkan dalam pemasaran untuk melindungi pelanggan dari segala hal yang tidak diinginkan ,etika juga untuk melindungi persaingan yang tidak jujur nantinya

    ReplyDelete
  18. Haekal shadafy
    1119210059



    Etika dalam personal selling dan marketing dalam personal selling dan marketing sebaiknya menghindari untuk membuat klaim-klaim yang tidak mempunyai dasar, serta janji-janji yang tidak dapat dibuktikan. Hal ini terjadi karena personal selling berlangsung dengan cara yang lebih persona

    Perusahaan diharapkan tanggap atau peduli terhadap lingkungan dengan memperkenalkan produk yang lebih berorientasi pada lingkungan, serta menjalankan program komunikasi pemasaran untuk mempromosikan produk tersebut.

    Peraturan dalam komunikasi pemasaran sangat diperlukan guna melindungi konsumen dan kompetitor dari praktek bisnis yang curang (fraudulent), menipu (deceptive), dan tidak jujur (unfair) yang dilakukan oleh beberapa perusahaan.

    ReplyDelete
  19. ihlas maulana
    1117210084

    menurut saya, peran Lingkungan tugas mencakup para pelaku yang terlibat dalam produksi, distribusi, dan promosi penawaran. peran peraturan dalam komunikasi pemasaran ialah sebagai sumber perlindungan contohnya adanya perlindungan yang diberikan terhadap konsumen yang dirugikan, lalu adanya perlindungan untuk menghindari dari adanya kompetitor yang curang/licik, sehingga harus diberlakukan dalam proses pemasaran untuk mengurangi terjadinya halhal yang tidak diinginkan. sedangkan peran etika dalam pemasaran merupakan sebuah standar moral yang digunakan untuk memandu keputusan dan tindakan pemasaran. Etika mengatur berbagai segi kehidupan manusia agar berjalan harmoni. Bukan hanya individu yang diatur dengan etika, namun organisasi atau entitas juga diatur oleh etika.

    ReplyDelete
  20. peran lingkungan sangat menentukan bagaimana perusahaan menentukan strategi pemasaran sesuai dengan perubahan dan perkembangan perilaku di lingkungan dan masyarakat. sementara peraturan dalam komunikasi pemasaran sangat penting untuk melindungi hak-hak konsumen dan melindungi dari kompetitor persaingan bisnis yang curang dan merugikan pihak-pihak tertentu. etika dalam komunikasi pemasaran sangat penting diperhatikan agar tidak menyinggung pihak-pihak tertentu ataupun menyinggung budaya dan moral masyarakat.

    ReplyDelete